Entri Populer

Jumat, 24 Desember 2010

APA ITU CYBER UNIVERSITY..?

APA ITU CYBER UNIVERSITY…???

Perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi mengubah cara pandang, cara kerja dan sekaligus implementasi dalam bidang pembelajaran hal tersebut ditandai dengan munculnya istilah-istilah baru seperti eBook, e-learning, cyber university. Cyber university terkait dengan hal lain seperti distance learning, cyber campus, virtual university, e-education, e-classes dan bentuk kelas jarak jauh. interaksi yang dapat diberikan tidak terbatas pada materi yang pasif (surat), tetapi juga materi yang bersifat interaktif, baik melalui surat-menyurat (email / chating), video dan telekonferensi, maupun bentuk-bentuk lain yang layaknya ada pada kegiatan universitas tradisional.                                                   
Namun dalam kenyataannya dikondisi saat ini, konsep cyber university belum bisa menggantikan peranan universitas tradisional, dengan keunggulan dapat mewadahi terjadinya interaksi antar individu satu dengan yang lain. Untuk mencapai konsep Cyber University harus menggabungkan keunggulan dari konsep tradisional dengan modern, bahkan dengan menggabungkan trend yang saat ini sedang berkembang yaitu mobile, sehingga menjadi sesuatu yang baru.

Cyber university memiliki metode yang sangat jauh berbeda dengan universitas tradisional dalam proses belajar maupun mengajar. Untuk itu membutuhkan motivasi yang tinggi dari para mahasiswa maupun dosen sendiri. Sebagai contoh, dosen tidak akan mengajar didepan kelas seprti biasanya dilakukan, tetapi dosen mengajar di depan kamera video dan berada dalam sebuah studio, tidak ada mahasiswa dihadapan dosen tersebut. Proses interaktif / komunikasi dilakukan melalui perangkat teknologi conference yang disediakan. Dengan kata lain modul pembelajaran harus sudah dipersiapkan jauh sebelum materi disampaikan dan yang paling utama materi tersebut berbentuk digital. Demikian halnya dengan mahasiswa, proses belajar tidak dilakukan di kelas, melainkan dimana saja dengan menggunakan perangkat teknologi yang disediakan. Hal ini merupakan sebuah metode yang membutuhkan sosialisasi yang tinggi baik kepada dosen maupun mahasiswa sendiri.

Komponen – komponen dan fasilitas – fasilitas yang ada pada cyber university tidak jauh berbeda dengan universitas tradisional, yang jauh berbeda lebih kepada cara penyajian dan cara mengakses. Berikut adalah beberapa contoh transformasi kampus tradisional menuju cyber university :
-       Perpustakaan à Virtual Library, dimana materi yang disediakan di perpustakaan bukan lagi dalam bentuk buku melainkan digital multimedia. Dengan kata lain perpustakaan ini dapat diakses dari manapun dan dimanapun
-       Teacher Portal à Dosen disarankan memiliki sebuah portal pribadi, dimana nantinya silabus – silabus dan materi yang sudah disampaikan maupun belum dapat diakses secara langsung oleh mahasiswa melalui portal dosen tersebut.
-       Live Teaching Studio à Seperti sudah dijelaskan diatas, dosen tidak mengajar didepan kelas, melainkan didalam sebuah studio dimana itu akan disiarkan secara langsung kepada mahasiswa.
-       Bulletin / discussion board dimana ini merupakan tempat diskusi materi – materi pelajaran yang diberikan oleh dosen.
-       Personal Chat Room, ini merupakan sebuah tempat dimana antar mahasiswa dan dosen bisa berdiskusi secara langsung.

Beberapa contoh di atas adalah sebagian contoh kecil transformasi universitas tradisional ke cyber university. Kemajuan Teknologi Informasi, Komunikasi, Komputer memegang peranan penting terciptanya Cyber University ini.
Bersambung…


23 komentar:

  1. mas boleh minta sumber mengenai cyber campus darimana? buat kepentingan skripsi mas

    BalasHapus
  2. makasih mas, ijin copas ya mas..

    BalasHapus
  3. makasih mas, ijin copas ya mas..buat tugas ospek hehe...

    BalasHapus
  4. mas ijin copas ya :) terimakasih mas :)

    BalasHapus
  5. mas saya ijin copas ya mas,, terima kasih hehe

    BalasHapus
  6. Mas saya izin copas ya. Terima kasih

    BalasHapus
  7. ijin copas kak.. terima kasih

    BalasHapus
  8. Izin untuk copas ya Kak, terima kasih

    BalasHapus
  9. ijin copast ya kak terimakasih

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Izin untuk copas ya kak, terima kasih :)

    BalasHapus
  12. ijin copas ya kak, buat tugas ospek huhuhu :(

    BalasHapus
  13. ijin buat tambah materi seminar ya ...trimakasih

    BalasHapus

Pengikut